Senin, 12 Agustus 2013

Penipuan jual beli batu mulia di facebook

Beberapa waktu yang lalu Mr. i mendapat report dari seseorang ibu-ibu yang kebetulan adalah seorang reseller pedagang cincin batu mulia dan permata. Beliau membeli cincin batu mulia secara online dan menjualnya secara offline.

Beliau menuturkan bahwa dia baru saja tertipu membeli cincin batu mulia pesanan orang di facebook, kalau Mr. i tidak salah dia telah mentransfer uang sebesar 1,3 jutaan kepada pelaku yang nama akun facebooknya adalah Shinta Love Ruby dan hingga hari ini pelaku tidak merespond sms dan telpon dari pembelinya. Sebenarnya jika Pembeli mau menggunakan Jasa Rekber saat mau bertransaksi mungkin hal ini tidak akan pernah terjadi, dan kerugian materialpun dapat dihindari.

Sebetulnya Mr. i sudah lama mengetahui sepak terjang Pelaku ini yang memang sudah di blacklist oleh sebuah forum pedagang batu mulia, namun Mr. i belum mau untuk mereviewnya di Detektif Maya dan baru kali ini Mr. i tergerak untuk mengesharenya agar kelak dikemudian hari tidak ada lagi Korban yang tertipu.

Nomor handphone pelaku adalah 083899172599 dengan nomor rekening BRI atas nama Sinta Fitriah 081801036854537 . Berbekal dengan kedua nomor tersebut Mr. i coba melakukan penelusuran lebih jauh lagi dan ternyata Mr. i mendapatkan bahwa Pelaku ada juga di Tokobagus, Berniaga, Kaskus dan bahkan dibejubel.com, berikut penampakannya :






https://www.facebook.com/ko.abun.79 hasil dari pencarian pemilik dari akun berniaga "ko abun"

Nah dari penelusuran tersebut Mr. i sudah tidak bisa menemukan lagi akun facebook atas nama ""Shinta Love Ruby" sepertinya sudah dinonaktifkan oleh pemiliknya.

Namun yang membuat Mr. i menjadi bingung lagi, hari ini korban kembali menghubungi Mr. i yang menjelaskan bahwa masalahnya akan segera teratasi meskipun uangnya tidak kembali. Jadi ceritanya setelah Korban share pengalamannya di FB ternyata ada seseorang dari Yogya yang mengaku pemilik asli dari cincin batu mulia yang telah diiklankan oleh Pelaku. Ternyata Shinta Love Ruby adalah Reseller dari Pemilik asli cincin tersebut yang mana cincin batu mulia yang sudah dibayar oleh Korban ternyata telah terjual oleh pemilik aslinya. Dan Pemilik poto cincin tersebut akan memberikan korban sebuah cincin batu mulia dengan bentuk yang nyaris mirip dengan cincin yang telah terjual tersebut tanpa harus membayar uang lagi.

Yang ganjil disini adalah :
  1. Kalau Shinta Love Ruby memang sudah menerima uang dari korban dan ternyata barang telah terjual, mengapa Shinta love ruby harus menghindar dari Korban? tinggal transfer balik aja lagi uangnya korban, iyakan?
  2. Pemilik barang aslinya mengapa harus mengganti cincin yang mirip kepada korban? meskipun katanya uang korban telah diterimanya dari Shinta Love Ruby? harusnyakan Pemilik barang yang asli mentransfer balik uang yang diterimanya kepada Shinta dan Shinta mengembalikannya kepada Korban? 
  3. Pada saat mentransfer uang kepada Pemilik aslinya, apakah Shinta tidak melakukan Konfirmasi terlebih dahulu kepada pemilik barang bahwa mau mentransfer uang? 1,3 Juta uang gede loh, masak iya sih nransfer gitu aja tanpa memberitahukan terlebih dahulu?
Mr. i hanya menyarankan kepada Korban apabila nanti barang pengganti memang benar-benar datang, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu ke Naturalannya batu tersebut ke Laboratorium Gemologist agar semua keanehan ini terjawab, dan Mr. i justru nggak jadi bingung begini...hehehhehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga kontribusi Anda dapat mengedukasi Masyarakat agar bisa berinternet Sehat. Untuk menghindari laporan dan komen yang menjelekan pribadi lain, maka Mr. i akan menyeleksi setiap komentar yang akan dipublikasikan, dan Mr. i tidak menerima komentar dari Anonymous